BERSIH DESA

www.cingklung-bancar.desa.id - Jum'at (09/11/2018) bertempat di Sumur Gede Desa Cingklung dilaksanakan acara bersih desa (resik sumur) yang dimulai pada pukul 06.00 WIB dan diikuti oleh seluruh warga masyarakat desa cingklung  tradisi ini sudah turun temurun dilakukan sejak zaman dahulu. tradisi ini biasa dilakukan setahun 3 kali, yang pertama pada saat wayah udan Tlacap (pada saat musim hujan), yang kedua pada saat wayah Bar Tandur ( sesudah tanam padi), yang ketiga yaitu pada saat bar panen (sesudah musim panen).

Setelah acara resik sumur dilanjutkan dengan acara sedekah bumi yang bertujuan untuk memanjatkan rasa Syukur kepada Allah atas karuania berupa hujan yang telah lama dinantikan, Bapak Kepala Desa Cingklung Bapak Darsono memberikan sambutan yang isinya himbauan kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing - masing agar selalu tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari DBD.

Tradisi ini tetap terus dilaksanakan untuk menjaga kelestarian adat - istiadat di desa selain itu tradisi ini juga berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan, terciptanya guyub rukun antar warga masyarakat desa yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif yaitu terciptanya lingkungan yang bersih, aman, damai dan sejahtera. (est)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)